Home > Informasi > Mekanisme SIM > SIM Perpanjangan

SIAPKAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI (LIHAT)

  1. KARTU IDENTITAS ASLI + FOTOCOPY (RANGKAP 2)
    1. KTP untuk WNI
    2. Dokumen Keimigrasian untuk WNA
  2. SURAT KETERANGAN SEHAT DARI DOKTER
  3. SIM ASLI + FOTOCOPY (RANGKAP 2)
  4. SKUKP / Klinik Pengemudi
    1. HANYA UNTUK SIM A Umum, BI, BI Umum, BII, BII Umum
    2. Surat keterangan uji keterampilan pengemudi yang selanjutnya disingkat SKUKP adalah tanda bukti legimitasi kompetensi bagi seseorang yang telah lulus uji reaksi, pertimbangan perkiraan, antisipasi, sikap mengemudi dan konsentrasi dengan mengikuti ujian keterampilan mengemudi melalui simulator

 

Setelah semua kelengkapan administrasi sudah terpenuhi.

LANGKAH PERTAMA

Pemohon menuju loket pendaftaran untuk mengambil Formulir Pembuatan SIM, untuk formulir harus diisi semua terlebih dahulu.

Setelah formulir diisi, pemohon kembali ke Loket Pendaftaran untuk menyerahkan formulir tersebut. Berkas formulir permohonan SIM tersebut oleh petugas pendaftaran akan di input data ke dalam server yang kemudian pemohon mendapatkan tanda pendaftaran dan nomor antrian untuk pembayaran PNBP dan proses Identifikasi & Verifikasi (FOTO SIM).

 

LANGKAH KEDUA

Setelah mendapatkan tanda bukti pendaftaran pemohon diarahkan menuju LOKET PEMBAYARAN PNBP untuk melaksanakan pembayaran PNBP SIM.

Untuk Biaya PNBP SIM bisa dilihat di sini (INFORMASI LENGKAP BIAYA PNBP SIM)

 

LANGKAH KETIGA

Setalah melaksanakan pembayaran PNBP Pemohon menuju Ruang Identifikasi Identifikasi & Verifikasi (FOTO SIM). untuk melaksanakan proses SIDIK JARI, TANDA TANGAN, dan FOTO

 

LANGKAH KEEMPAT

Setelah pemohon melaksanakan FOTO SIM, selanjutnya menuju LOKET PRODUKSI untuk mengambil SIM yang sudah cetak.

 

LANGKAH KELIMA

Pemohon dipersilahkan pulang dan tetap hati-hati dalam berkendara, karena keselamatan dalam berlalu lintas adalah hal yang utama.

error: